Saturday 28 January 2017

Manfaat Minum Air Hangat Setelah Bangun Tidur Untuk Kesehatan Tubuh





Minum air hangat sebelum tidur dimalam hari dan setelah bangun tidur di pagi hari ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan kita. Namun sayangnya terkadang hal ini sering disepelekan oleh kebanyakan orang dan sebagian dari kita bahkan malas untuk minum air putih apabila ketika akan tidur dimalam hari. Lebih parahnya lagi yaitu bahkan kebanyakan dari kita akan mencari kopi ketika bangun tidur dipagi hari dan melupakan air putih.



Untuk itu, saya ingatkan kepada anda  sebaiknya di pagi hari setelah bangun tidur anda menerapkan kebiasaan dengan meminum air hangat, hal tersebut dikarenakan meminum air hangat setelah bangun tidur akan membantu melancarkan pencernaan dan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun berbahaya dan sisa metabolisme dari tubuh dan paling utama tidak dapat menimbulkan penyakit.

Jangan menyepelekan air karena ternyata air merupakan zat gizi yang memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. Manfaat dan khasiat air putih sudah sejak lama telah diyakini oleh para nenek moyang kita, ini bukanlah sebuah mitos atau omong kosong, namun dari berbagai penelitian membuktikan bahwa air putih memiliki peran penting dalam tubuh manusia khususnya bidang kesehatan. Air putih merupakan minuman segar dan sangat baik bagi organ-organ tubuh manusia. Pada tubuh manusia terdiri atas 70% air putih yang membuat kebutuhan kita akan air putih sangat banyak, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa air putih memiliki fungsi yang berperan penting dalam sistem kerja tubuh manusia. 

Nah, bagi Anda yang masih penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat minum air putih hangat saat akan tidur dimalam hari dan sesudah bangun tidur di pagi hari maka simak saja selengkapnya dibawah ini. 


1. Air putih hangat bisa melegakan tenggorokan 
Setiap kali anda makan terasa sakit ditenggorokan cobalah kurangi rasa sakitnya dengan mengkonsumsi air hangat terlebih dahulu.
Bagi Anda yang sedang mengalami demam seperti flu, batuk dan tenggorokan sakit maka cobalah untuk mengkonsumsi air hangat dipagi hari saat Anda baru bangun tidur. Air hangat ini akan membantu meredakan rasa nyeri pada tenggorokan dan membuat nafas Anda menjadi lega. 

2. Detoksifikasi 
Mengkonsumsi air putih hangat ketika hendak tidur dimalam hari juga sangat membantu proses detoksifikasi didalam tubuh. Air putih ini mampu membersihkan sistem pencernaan dan kandung kemih sehingga membilas racun dan membersihkan urin. Nah, apabila Anda rutin setiap hari minum air putih hangat sebelum tidur dimalam hari maka tubuh Anda akan bersih dari racun-racun sehingga hal ini akan membuat Anda menjadi selalu sehat dan bugar setiap hari.

3. Air putih hangat bisa meningkat mood 
Hari anda sedang buruk cobalah secara rutin mengkonsumsi air hangat, karena air adalah sumber mineral yang bisa menenangkan otak Anda.

4. Menurunkan Berat Badan 
Minum air hangat sebelum tidur di malam hari memiliki manfaat yang luar biasa bagi Anda, terutama wanita. Cukup dengan mengkonsumsi air hangat sebelum tidur secara rutin setiap malam maka hal ini bisa membantu menurunkan berat badan pada tubuh Anda. Nah, maka dari itu bagi Anda yang sedang menjalani program diet dan ingin menurunkan berat badan secara alami maka jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air hangat satu gelas ketika akan hendak tidur dimalam hari.

 5. Mencegah dehidrasi  
Saat kita tidur selama 6-8 jam maka kita tidak makan dan minum, secara otomatis tubuh kita menjadi dehidrasi itu sebabnya mengapa minum air putih sebelum dan sesudah tidur dapat menghidrasi sel sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. Cukup 1-2 gelas saja ketika anda bangun atau mau tidur.

6. Membakar Kalori 
Kemudian manfaat mengkonsumsi air putih hangat sebelum tidur dimalam hari yang selanjutnya adalah yaitu bisa membantu membakar kalori yang ada didalam tubuh. Mengkonsumsi air hangat dimalam hari akan meningkatkan metabolisme tubuh, yang mana hal ini akan sangat membantu dalam proses pembakaran kalori secara ekstra. Apabila kalori didalam tubuh mulai berkurang maka hal ini tentu saja akan berdampak pada berat badan Anda. Berat badan Anda akan turun secara perlahan. 

7. Memperlambat Proses Penuaan 
Kita semua tahu bahwa penuaan dini adalah mimpi terburuk bagi setiap orang di dunia, terutama bagi perempuan. Tapi, untungnya, ini dapat dicegah dengan mengonsumsi air hangat. Air hangat membebaskan tubuh dari racun, dan memperlambat proses penuaan serta meningkatkan elastisitas kulit.

8. Melancarkan Sirkulasi Darah 
Manfaat minum air hangat dipagi hari sesudah bangun tidur yaitu bisa membantu melancarkan sirkulasi darah didalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat organ-organ didalam tubuh kita bisa bekerja secara optimal. Nah, apabila seluruh organ tubuh sudah bekerja secara optimal maka tentu saja tubuh akan sehat dan kitapun terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

 9. Menyembuhkan sembelit
Ini adalah masalah perut umum yang terjadi karena kurangnya air dalam tubuh, sehingga mengurangi gerakan usus. Minum segelas air hangat saat perut kosong di pagi hari dapat meningkatkan gerakan usus dan menyembuhkan sembelit. Air panas atau hangat dapat memecah partikel makanan dan melewatinya melalui usus.

Itulah manfaat minum air putih hangat setelah bangun tidur di pagi hari. Meskipun hal ini terlihat sepele tetapi nyatanya memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh. 
So, jangan malas lagi untuk minum air putih ya broooo ,,,,,👍😊

 

0 komentar