Thursday 19 January 2017

Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh






  
Hai,,, Guys ,,, kali ini Gw mau bahas sedikit tentang Boci,,, (Bobok Ciang ),,,
Tidur adalah aktivitas rutin bagi setiap manusia. Setelah beraktivitas penuh di pagi sampai siang harinya, sedikit sekali dari kita yang tau kalo tidur siang itu sangat bermanfaat banget buat tubuh.
kita yang lelah beraktifitas dari jam 07.00 pagi sampai jam 11.00 siang....


Dalam islam tidur siang dalam istilah “Qailulah” atau tidur sejenak disiang hari ,ini merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam .
Tidur siang memiliki manfaat yang besar bagi tubuh dan Rasulullah SAW bersama para sahabat pun melakukan tidur siang. Beberapa abad sebelum penelitian-penelitian membuktikan bahwa tidur siang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan otak, Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada umat Islam untuk memiliki kebiasaan tidur siang karena hal tersebut dapat membantu seseorang terbangun di malam hari untuk melaksanakan sholat tahajud.

Rasulullah SAW bersabda “Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 1637:  shahihul isnad).

Dalam dunia medis,, cie,,le kayak dokter aje,,,
gini guys,,, Tidur sejenak pada siang hari memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Tidur bermanfaat untuk memulihkan dan mengistirahatkan otak dan tubuh. Relaksasi otak pada siang hari memungkinkan terjadinya konsolidasi informasi yang diperoleh sebelumnya. Saat beraktivitas di siang hari, tubuh dipengaruhi oleh hormon kortisol. Seseorang dapat mengalami stres apabila produksi hormon kortisol telah mencapai jumlah maksimum (Yusof et al., 2014). Selain itu pada siang hari, tubuh dapat mengalami kantuk sehingga hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya penurunan efektifitas kinerja seseorang (Hayashi et al., 1999). Sehingga istirahat sangat diperlukan oleh tubuh meskipun hanya dalam waktu yang sebentar.

Gimana guys,,, infonya semoga bisa bermafaat buat diri sendiri dan orang lain,,,,😊

0 komentar