Monday 23 January 2017

Makanan dan Minuman yang bisa meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.








Siapa yang tidak ingin memiliki otak yang cerdas serta daya ingat yang tinggi? Hampir setiap orang menginginkan hal tersebut. Otak yang cerdas adalah inpian setiap orang dan otak merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia.

Itu karena otak bisa mengatur seluruh kegiatan dan aktivitas dalam diri manusia. Otak  memiliki kemampuan daya ingat yang tinggi yang tentunya akan membantu kita dalam menyelesaikan segala masalah.

Secara umum daya ingat dan konsentrasi otak bisa ditingkatkan dengan aktivitas dan sosialisasi yang sehat dan pastinya mengonsumsi makanan yang sehat.
Seperti yang Anda ketahui, makanan merupakan komponen utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu otak.

Nah, berikut ini adalah makanan dan minuman untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi :

1.  Alpukat 

Alpukat membantu meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan, khususnya memori dan konsentrasi. Mereka juga mengandung vitamin K dan folat yang melindungi Anda dari stroke dan mencegah gumpalan darah dari pembentukan di otak.

Alpukat juga memiliki kandungan lemak sehat yang membuat kadar gula darah Anda tetap stabil dan kulit Anda bersinar.

2.  Sayuran gelap dan berdaun hijau


Kandungan gizi yang ada di dalam jenis sayuran ini di yakini mengandung kandungan yang baik bagi kesehatan dan lebih banyak mengandung kandungan utrisi yang di butuhkan oleh tubuh di bandingkan dengan sayuran yang berwarna bisa.


Dari beberapa jenis sayuran yang berwarna hijau gelap,ada beberapa jenis sayuran yang di yakini mengandung kandungan yang sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran,di antarnya seperti  daun pepaya, daun sawi hujau, bayam dan brokoli. merupakan sumber yang baik dari vitamin E dan serta mereka juga mengandung folat yang melindungi dan memperkuat otak Anda.

Folat terbukti menurunkan kadar homosistein, asam amino dalam darah yang memicu kematian sel-sel saraf di otak dan telah dikaitkan dengan penyakit jantung.

Selain memberikan tubuh dengan omega-3, ikan ini secara alami penuh asam docosahexaenoic (DHA) yang bisa mengurangi kesempatan Anda untuk mengembangkan penyakit Alzheimer dan kehilangan memori.

3.   Blueberry

Jangan liat bentuk buahnya yang kecil, ternyata buah blueberry ini kaya akan manfaatnya salah satunya adalah sebagai antioksidan yang melindungi tubuh terhadap kanker, penyakit jantung dan dimensia.



Yang tak kalah hebatnya blueberry juga bisa meningkatkan konsentrasi dan memori hingga lima jam.

Antioksidan alami dalam blueberry meningkatkan fungsi otak dengan merangsang aliran darah dan oksigen ke otak Anda untuk menjaga pikiran tetap segar dan waspada.

4.   Ikan 

Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3, yang tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga membantu meningkatkan memori dan mengatasi depresi. Asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan fungsi sel otak. 


Temukan asam lemak omega-3 dalam makanan berikut: herring, salmon, tuna, mackerel, halibut, teri, dan sarden.

5 .  Madu Asli Alam .


Madu dikenal karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan segala penyakit. Ternyata, madu juga dapat meningkatkan memor otak lho. Satu sendok makan madu setiap pagi tidak hanya membantu Anda mengurangi berat badan, tetapi juga membantu dalam meningkatkan daya ingat.

6. Teh hijau

Polifenol dalam teh hijau merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah kerusakan sel-sel otak. Teh hijau juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan memori dan memperlambat penuaan otak.



Teh hijau juga mengandung  theanine yang berguna  juga meningkatkan fokus mental dan kewaspadaan.


7. Susu Hewani

Susu hewani kaya akan kalsium. Beberapa sumber yang kaya akan kalsium adalah susu, keju, mentega dan yogurt. Produk-produk ini dikenal ampuh dalam memelihara sel-sel otak. Secara khusus, yogurt mengandung asam amino tirosina , yang bertanggung jawab untuk meningkatkan meningkatkan daya ingat.

8. Air Mineral

Seperti kita ketahui, hampir tiga perempat dari otak kita adalah air. Jadi, perbanyak asupan air untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan otak kita melepaskan hormon yang disebut kortisol yang membuat daerah di otak kita menyusut. Daerah tersebut bertugas untuk menyimpan informasi. Bayangkan jika daerah itu menyusut?


9. Coklat  
  
Penelitian telah menunjukkan bahwa makan cokelat meningkatkan produksi endorfin, zat yang menyebabkan mood yang lebih baik dan merangsang memori. Juga cokelat mengandung jumlah moderat kafein, yang berhubungan dengan merangsang dan meningkatkan suasana hati kita. 




Namun berhati-hatilah, karena coklat memiliki kalori cukup dan jika tidak dikonsumsi dalam jumlah sedang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sepotong kecil cokelat yang kaya Kakao merupakan solusi ideal dan sehat. 




Demikianlah seputar makanan atau minuman yang baik untuk otak. Hindari makanan cepat saji atau yang memiliki lemak jenuh.
Semoga bermanfaat Brooo,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, 👍

 

 



 
 


0 komentar